asWw...

weLcome to my bLog.... selamat Membaca ^^_

me

me
so sweet

Cari Blog Ini

Minggu, 20 Maret 2011

Haruskah Larut dLm penyesalan, ketika aku meLakukan kesaLahan?

_Dalam hidup ini, terkadang kita akan mengalami apa yang namanya penyesalan,
banyak orang yang hidup dalam bayang-bayang masa lalu
dan menyesalkan apa yang telah diperbuatnya di masa lalu,
serta larut dalam penyesalan berkepanjangan,

_karena mungkin pada saat mereka memutuskan sesuatu tanpa berfikir panjang dulu
mengenai dampak apa yang akan terjadi ketika mengambil sebuah keputusan,
mereka hanya mengikuti ego sesaat,
dan ketika keputusan yang mereka ambil salah maka salah satu efeknya
bisa merasakan penyesalan yang berkepanjangan bahkan penyesalan seumur hidup.

_Kalau aku sendiri, jika aku memikirkan penyesalan apa yang pernah aku alami
sehinggga membuatku sulit menatap masa depan karena keputusanku yang salah.
Alhamdulillah, sampai saat ini aku belum pernah mengalami
dan ngerasain menyesal seumur hidup karena sebuah keputusan bodohku.

_ketika aku mengambil keputusan,
dy ingn mengikuti kata hati dy dan mimikirkan mengenai dampak positif
dan dampak negatif ketika dy membuat keputusan,
sehingga setelah keputusan telah diambil,
maka dy akan berusaha untuk bertanggung jawab atas pilihan yang telah kuputuskan,

sehingga sdh siap dengan segala konsekuensi yang harus
dy tanggung (apapun yang terjadi, ku harus menghadapinya).

_Menurut dy, dy jauh lebih merasa enjoy menjalani hidup
ketika aku memutuskan sesuatu sesuai dengan kata hati dy,
dan bila dy tidak mengikuti kata hati ne,

_maka aku sudah tahu bahwa pada akhirnya aku akan menyesal
dan merasa bersalah pada diriku sendiri.
Orang lain boleh memberi masukan atau bahkan nasehat,
tapi keputusan akhir jelas ada di tanganku,
karena aku sendirilah yang menetukan pilihan daalam hidupku
dan ketika aku telah memutuskan sesuatu,
maka ketika sesuatu berjalan tidak sesuai
dengan harapan dan keinginan serta diluar dugaanku,
cara terbaik menyikapinya adalah tetap bersikap realistis
tanpa harus menyalahkan orang lain dan mncari siapa yang salah,

_sebab dy sendirilah yang harus bertanggung jawab atas hidup dy bukan orang lain.
Jika ditanya penyesalan apa yang membuat hidupku tersiksa, alhamdulillah aku tidak mengalaminya.
Jika pun ada, hanyalah penyesalan sesaat akibat kesalahan yang pernah kulakukan.
Sebagai manusia, aku memang tidak sempurna dan pernah melakukan kesalahan.

_Namun bagiku, kesalahan bukanlah akhir dari segalanya,
ataupun merasa putus asa karena melakukan kesalahan.

*Sejujurnya, aku bersyukur karena pernah melakukan kesalahan,
lho kok gitu yah???! Aku ngeliat banyak orang jadi putus asa karena melakukan kesalahan,
atau bahkan menyalahkan orang lain dan mencari siapa yang salah tanpa mau memperbaiki
kesalahan yang mereka lakukan.

*****Menurutku, hal yang terpenting ketika aku melakukan kesalahan,

_pertama-tama
aku mengakui kesalahanku, kemudian memperbaiki kesalahanku,
dan yakinlah bahwa aku bisa mengatasinya dan tidak
akan mengulangi kesalahan yang sama kelak di kemudian hari..
Kalaupun aku bilang “ngerasa bersyukur karena pernah melakukan kesalahan,”

sebab menurut hemat berfikirku, justru dari kesalahankulah,
aku jadi belajar bagaimana harus menyikapi hidup
dan yang pasti aku akan belajar bertanggung jawab
atas kesalahan yang aku lakukan dengan cara memperbaikinya.

Sebetulnya, hal yang paling sulit dilakukan banyak orang ketika
berbuat kesalahan adalah mengakui kesalahn,
sebab mereka lebih mementingkan ego ketimbang memikirkan
bagaimana keadaan setelah membuat kesalahan.

_Menurut dy(ku), mengakui kesalahan adL salah satu cara terbaik
bknNy menghilang n tnpa ad rsa sedikidtPun bersalah!!

untuk memperbaiki kesalahan itu sendiri dan tak perlu ada penyesalan
yang berkepanjangan tanpa melakukan sesuatu atau berusaha memperbaikinya,
yang paling penting kan:
mengakuinya, menyesal atas kesalahan yang diperbuat kemuadian memperbaikinya.

_Nah, dengan cara seperti inilah, aku belajar untuk tidak larut dalam penyesalan kekita aku membuat kesalahan.
Memang sih, butuh sifat berjiwa besar untuk mengakui kesalahan,
ketika aku bersalah,

tapi aku yakin… kesalahan akan membuatku melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda
dan memperbaikinya adalah langkah besar yang kan membuatku belajar bersikap dewasa
dalam memandang dan memaknai arti hidup ini, karena yang namanya hidup dan sebagai makhluk sosial,
tidak mungkin jika aku tidak melakukan kesalahan. Kesalahan adalah bagian dari
pembelajaran hidup yang harus kulalui ketika melalui proses yang namanya kehidupan.

_...Aku sadar, jika kau ingin menjadi pribadi yang lebih baik,
maka aku harus menyibukkan diri dengan introspeksi diri
agar aku bisa memperbaiki kesalahan yang ku perbuat,
tak usahlah menyibukkan diri dalam hal menghakimi dan mengkritik orang lain,
karena kusadari sebagai manusia aku masih jauh dari kesempurnaan,
namun dari ketidaksempurnaan itulah aku belajar tentang kesempurnaan,
agar menjadi rambu-rambu untuk diriku, sebagi pengingat

*bahwa sebagai manusia aku tak pernah berhenti belajar
tentang bagaimana menyikapi hidup yang dinamis ini,
dan saat ini aku masih harus banyak belajar

sebab umurku semakin berkurang, sementara dosaku tipa hari bertambah.

_Bagiku, lebih baik pernah melakukan kesalahan dan memperbaikinya,
daripada tidak pernah melakukan kesalahan,
asal jangan melakukan kesalahan yang sama terus menerus tanpa berusaha memperbaikinya,

"apalagi kesaLahan itu merugikn org lain,,
mnjdi se"org terZhoLimi n mnjdi penyakidtt hATI
APaLAGI SILATURAHIM mnjdi rusak??

_bRtanggung jwb n memperbaikiNy...,,
apaKh itu susah n ... menghabisKn wktu
atwKh takudtt menghadapiNy..

akhirNy PENYESALAN !

sebab itu salah satu tanda orang yang tidak mau belajar dari kesalahan yang pernah dilakukannya,
dan yang terpenting buat hidupku adalah aku akan selalu mengikuti kata hatiku ketika aku membuat keputusan,
agar aku tidak menyesal seumur hidupku karena kepusan yang salah.
^ menjdikn hubungn, msLh mnjdi baik,, bkNy sebaLikNy _tak ad penJlasan!!!

_Dan jika pun ada pertanyaan,/......
haruskah aku larut dalam penyesalan ketika aku melakukan kesalahn?
Jawabannya tentu saja TIDAK,
sebab aku akan memperbaiiki kesalahanku,
dan aku yakin bisa belajar dari kesalahanku

^20 Agustus 2010 jam 8:34

Tidak ada komentar:

Posting Komentar